Resusitasi Mulut ke Mulut (Mouth to Mouth)

Juni 24, 2010

Bagaimana cara melakukan bantuan pernapasan buatan (resusitasi) dengan teknik mulut ke mulut korban – Mouth to Mouth Resuscitation:

Tujuan dan Penatalaksanaan Pernapasan Buatan

Langkah 1
Pastikan orang itu berbaring di permukaan yang keras datar. Lihatlah ke dalam mulut dan tenggorokan untuk memastikan bahwa jalan napas jelas. Jika ada benda asing, cobalah untuk mengeluarkannya dengan jari-jari Anda (memakai sarung tangan bedah sekali pakai jika tersedia). Terapkan manuver Heimlich jika tidak berhasil dan ada benda yang menghalangi jalan napas. Jika muntah terjadi, giliran orang di sisi nya dan menyapu mulut dengan dua jari. Jangan letakkan jari Anda di mulut jika orang kaku atau mengalami kejang.

Langkah 2
Miringkan sedikit kembali untuk membuka jalan napas. Tekan rahang dan tarik ke depan.

Langkah 3
Jepit lubang hidung hinggra tertutup dengan ibu jari dan jari telunjuk. Tempatkan mulut Anda rapat ke mulut korban. Gunakan corong jika tersedia. Lakukan tiupan dua napas cepat dan lihat pengembangan dada korban.

Langkah 4
Lepaskan jepitan rongga hidung, lihat gerakan turun dada korban akibat ia mengembuskan napas dan dengarkan suara napas. Merasakan napas korban tersebut pada pipi Anda. Jika korban tidak bisa bernapas sendiri, ulangi prosedur.

Foto: http://www.medtrng.com

Artikel Ilmu Kedokteran lainnya tentang Regeneratif Stem Cells untuk mengatasi kebutaan pada mata serta berita Pertussis yang menjadi wabah di Amerika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s