Asuransi kesehatan di Indonesia

November 2, 2010

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun perusahaan asuransi umum. Beberapa perusahaan asuransi kerugian dan asuransi jiwa telah memasarkan pula program-program asuransi kesehatan dengan berbagai macam variannya.

Belakangan ini, semakin terasa betapa biaya kesehatan semakin mahal. Membayar dokter, membeli obat, dan biaya rawat inap adalah sejumlah contoh biaya yang harus dibayar ketika kita atau anggota keluarga terserang penyakit. Beruntunglah bagi Anda yang bekerja di suatu perusahaan atau instansi yang telah memiliki program asuransi kesehatan sehingga minimal sebagian risiko akibat terganggu kesehatan dapat dibantu dengan adanya program asuransi kesehatan.

Lalu, bagaimana bila perusahaan belum memberikan fasilitas tersebut? Atau, jika Anda seorang wirausaha? Sebaiknya jangan ragu dan mulailah merencanakan membeli asuransi kesehatan. Dengan membeli asuransi kesehatan, besarnya pengeluaran biaya kesehatan akan relatif stabil karena besarnya biaya atau premi tahunan dapat dihitung secara pasti sehingga mempermudah Anda dalam mengatur pengeluaran dan mengurangi biaya-biaya tidak terduga.

Di Indonesia terdapat dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan kolektif (kelompok) dan asuransi kesehatan individu. Asuransi individu biasanya diperuntukkan bagi pribadi atau keluarga, sementara asuransi kolektif seperti terdapat di banyak perusahaan yang telah memberikan perlindungan kesehatan terhadap pegawainya. Premi asuransi individu yang harus dibayarkan relatif lebih tinggi dari asuransi kesehatan kolektif. Hal itu terjadi karena asuransi kesehatan kolektif jumlah individu atau peserta yang ikut lebih besar sehingga risiko terjadinya klaim dapat dibagi rata oleh seluruh individu di dalam kelompok. Semakin besar jumlah kelompok atau anggota di dalam satu institusi atau perusahan, akan semakin rendah pula premi yang harus dibayarkan.

Sumber
Successful Financial Planner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s