Olahraga Selama dan Setelah Kehamilan

November 28, 2010

Wanita hamil sering bertanya pada saya apakah mereka dapat melakukan olahraga dengan aman. Para ahli setuju bahwa olahraga selama kehamilan adalah aman dan bermanfaat untuk sebagian besar wanita hamil, jika olahraga ini dilakukan dengan tepat. Olahraga bahkan akan lebih bermanfaat lagi bagi wanita yang hamil pada usia 30 tahun akhir dan awal usia 40 tahun. Olahraga akan membantu anda merasa lebih energik dan membantu anda mengatasi kebutuhan kehamilan, karier, dan keluarga lebih efektif.

Bahas tentang hal ini dengan pemberi asuhan kesehatan pada kunjungan pralahir pertama anda. Jika anda memutuskan untuk memulai olahraga atau mengubah program latihan sekarang, pastikanlah untuk membahasnya dengan dokter sebelum anda memulainya.

Ada wanita yang tidak boleh melakukan olahraga selama kehamilan. Jika anda mengalami masalah-masalah berikut ini, jangan lakukan olahraga:
– riwayat inkompeten serviks, persalinan preterm atau keguguran berulang
– tekanan darah tinggi pada awal kehamilan
– Janin multipel (kembar, kembar tiga, atau lebih)
– didiagnosa berpenyakit jantung
– pre-eklampsia
– Perdarahan vagina

Pada masa lalu, olahraga untuk wanita hamil tidak selalu diperbolehkan. Dokter jaman dulu mempermasalahkan tentang pengaliran kembali darah dari otot janin ke otot ibu selama olahraga. Sekarang kami mengetahui hal ini terjadi hanya dalam tingkat yang rendah, tetapi tidak membahayakan terhadap janin.

Setiap olahraga yang melibatkan gerakan sendi mendorong air dalam jaringan untuk kembali ke darah dan membantu memompa darah kembali ke jantung. Jika anda mengalami pembengkakan normal kehamilan, seperti pembengkakan pada pergelangan kaki, olahraga dapat membantu mengatasi masalah ini. Bersepeda statis merupakan cara terbaik menghilangkan gejala-gejala ini.

Referensi
Kehamilan di atas usia 30 Oleh Glade B. Curtis,Yasmin Asih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s