Stenosis Aorta

Oktober 2, 2012

Stenosis katup aorta merupakan penyakit penuaan, dan pada wanita yang berusia kurang dan 30 tahun, kelainan ini kemungkinan besar disebabkan oleh lesi kongenital. Lesi stenosis kongenital yang paling sering terjadi adalah katup bikuspid. Stenosis memperkecil orifisium aorta normal yang memiliki luas 2 sampai 3 cm2 dan menimbulkan resistansi terhadap semburan (ejeksi). Terbentuk gradien tekanan sistolik antara ventrikel kiri dan jalur aliran keluar arteri sistemik. Kemudian terjadi hipertrofi konsentrik ventrikel kiri, dan jika parah, terjadi peningkatan tekanan diastolik-akhir, penurunan fraksi ejeksi, dan penurunan curah jantung.

Gambaran klinis khas terjadi pada tahap lanjut dan mencakup nyeri dada, sinkop, gagal jantung, dan kematian mendadak akibat aritmia. Usia harapan hidup setelah timbulnya nyeri dada setelah aktivitas berat rata-rata hanya 5 tahun, dan untuk pasien yang menunjukkan gejala diindikasikan pemasangan katup prostetik.

Stenosis aorta yang secara klinis signifikan jarang dijumpai pada kehamilan. Stenosis derajat ringan sampai sedang akan ditoleransi baik, tetapi penyakit yang berat dapat mengancam jiwa. Masalah hemodinamik utama yang mendasari adalah fiksasi curah jantung yang terjadi pada stenosis berat. Selama kehamilan, dapat dijumpai sejumlah faktor yang sering semakin mengurangi preload sehingga memperparah curah jantung yang sudah terfiksasi tersebut.

Beberapa contoh mencakup kehilangan darah, analgesia regional, dan oklusi vena kava. Yang penting, semua faktor di atas mengurangi perfusi jantung, otak, dan uterus. Karena semua pertimbangan ini, stenosis aorta berat dapat sangat berbahaya bagi wanita hamil. Pasien dengan gradien katup yang melebih 100 mm Hg adalah pasien yang berisiko paling besar.

Pustaka
Obstetri Williams

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s